Jadikan Masa Lalu Sebagai Ibroh

Setiap yang bernafas hari ini pasti pernah memiliki masa lalu. Masa lalu yang alur ceritanya dapat dipastikan tidak akan sama pada setiap orang. Terkadang, sebagian orang selalu menyalahkan masa lalu yang menurutnya menyebabkan keadaannya hari ini menjadi tidak diliputi ketentraman dan kebahagiaan namun tidak segera menyadari bahwa banyak hikmah yang terkandung di dalamnya untuk dapat diambil pelajaran (Ibroh).

Masa lalu tidak sepenuhnya harus kita buang dan dikubur. Memang sesungguhnya sudah dapat dipastikan bahwa ia tak akan pernah kembali. Namun, dengan adanya masa lalu, kita bisa berevaluasi untuk dapat berbuat yang terbaik dan lebih baik pada hari ini sebagai bekal untuk masa depan. Harapan setiap orang untuk masa depan yang menjanjikan adalah bermula hari ini.

Bagi seorang mukmin, ia akan senantiasa menjadikan waktu-waktunya sebagai ladang amal kebaikan dimanapun ia berada. Ia senantiasa memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk kebaikan, baik dalam perkara dunia maupun akhirat. Ia bukanlah seorang yang apatis, yang hanya pasrah dengan keadaan namun tidak berbuat sama sekali. Masa lalu tidak membuatnya menjadi berlarut-larut dalam kesedihan, melamun dan berangan-angan bagi keadaan masa kini dan masa datang.

Jika pernah melakukan kekhilafan, maka itu dijadikan sebagai pelajaran untuk melangkah dalam kebaikan hari ini sebagai rasa penyesalan dan sebagai penebus kekhilafan-kekhilafannya dengan mengharap rahmat dan ampunan serta kerinduan akan surga yang telah dijanjikan Alloh SWT .

Berbeda dengan golongan yang penuh dengan lamunan dan angan-angan, yang menorehkan keburukan di masa lalunya, tidak menjadikannya sebagai pelajaran, namun hari ini tidak ada rasa penyesalan dan usaha perbaikan lalu mengharapkan balasan yang terbaik di masa depan.

Semoga Alloh SWT memberikan kekuatan dan petunjuk bagi kita serta menjadikan kita termasuk dalam golongan yang pertama.

Creative Commons License
Sebuah Perenungan by Posts is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 Unported License.
Based on a work at zidaburika.wordpress.com.
Iklan

4 thoughts on “Jadikan Masa Lalu Sebagai Ibroh

  1. Assalamualaikum wr wb,
    Imam Ali kw berkata: “Alangkah banyaknya ibarat, namun sedikit sekali yang dapat mengambil pelajaran darinya.”

    ‘Alaikumussalam wr.wb,
    Semoga kita menjadi bagian yang mau dan dapat mengambil pelajaran dari masa lalu

  2. semuanya benar adanya. walaupun terkadang berat, sedih kita harus melangkah ke masa depan, pasti pertolongan Allah akan datang. sama seperti landy saya juga sedang berjuang meningalkan masa lalu dan menyongsong masa depa. doa’kan ya

    Amiin…Insya Allah. Mari sama2 Jadikan masa lalu sebagai pelajaran berharga utk berbuat lebih baik ke depannya πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s