Kelebihan Merupakan Karunia Ilahi

Apapun bentuk keberhasilan dan kelebihan yang telah kita capai hari ini adalah sebuah bentuk karunia ilahi. Fase-fase yang kita lalui dalam meniti lorong kehidupan yang sulit hingga menjadi sebuah kelapangan dan kebahagian adalah berkat karunia-Nya. Jangan pernah sedikitpun terbersit bahwa semua bentuk keberhasilan dan kejayaan adalah semata-mata karena usaha diri sendiri.

Kelebihan yang tengah kita miliki adalah titipan, berlaku atas ijin-Nya, baik dalam hal kecerdasan, harta, ilmu dan lain sebagainya. Jika sekiranya Alloh SWT mengaruniakan kita kecerdasan, maka berbuatlah sesuatu yang akan membuat orang lain juga ikut menjadi cerdas. Ketika mampu menciptakan sesuatu, maka ciptakanlah sesuatu untuk kemaslahatan orang banyak.

Ketika Alloh SWT mengaruniakan kelebihan harta, maka jadikanlah harta yang ada sebagai jalan mempermudah kesulitan orang lain. Jadikan harta yang ada sebagai penopang tegaknya dakwah. Jadikanlah kelebihan harta yang ada sebagai pengingat akan kebesaran Alloh SWT sehingga tetap menyadari diri sebagai hamba-Nya dan semakin mendekat kepada-Nya.

Ketika Alloh SWT mengaruniakan ilmu yang luas perihal masalah agama, maka sampaikanlah sebagaimana ilmu yang dikuasai. Jangan hanya disimpan dan menjadikannya hiasan yang sekedar mempercantik ruang pikiran, namun tak pernah sempat di amalkan dalam kehidupan.

Ketika Alloh SWT mengaruniakan kemampuan berbicara, jadikan hal itu sebagai sarana untuk menyampaikan kebenaran, bukan dengan cara yang angkuh dan arogan, namun dengan cara yang penuh hikmah sehingga insya Alloh menjadikannya sebagai jalan turunnya hidayah Alloh ditengah umat manusia tanpa terkecuali.

Islam bukanlah individualis, yang hanya membicarakan urusan pribadi, karena sesungguhnya ia hadir sebagai rahmat bagi alam semesta tanpa terkecuali.

Creative Commons License
Sebuah Perenungan by Posts is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 Unported License.
Based on a work at zidaburika.wordpress.com.
Iklan

One thought on “Kelebihan Merupakan Karunia Ilahi

  1. terima kasih atas nasehat yang disampaikan lewat mutiara hikmah..semoga nasehat ini dapat kami salurkan ke sanak saudara…aminn. Jazza kumullahu khoiran katsiran..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s