Itsar

Banyak pelajaran berharga dari para Sahabat Rosululloh SAW yang bisa kita ambil perihal segala tindak tanduk keseharian mereka, baik dalam hal hubungan kepada Alloh maupun dalam hal hubungan antara sesama manusia.
Banyak sifat mulia mereka yang melahirkan sikap mulia sebagai buah keteladanan dari Rosululloh SAW yang terekam abadi hingga kini.

Sungguh, rasa keimanan mereka terhadap Alloh swt dan kecintaan terhadap Rosululloh-lah yang telah menjadikan mereka begitu peka terhadap lingkungan sekitarnya, hingga apa yang dilakukan oleh para sahabat Rosululloh dahulu terkadang tidak sampai pada logika matematis sebagian besar manusia saat ini.

night-street.jpg

Bagaimana dikisahkan betapa sifat itsar (mendahulukan kepentingan orang lain) pada diri para Sahabat Anshor terhadap Kaum muhajirin tiada tandingnya. Banyak Sahabat Anshor yang rela menyerahkan harta bendanya kepada kaum Muhajirin, meski sesungguhnya mereka sangat membutuhkan di saat yang bersamaan. Sesungguhnya Para Sahabat sangat bervisi akhirat dalam kehidupan mereka, sehingga bagi mereka kehidupan terasa lebih mulia jika mampu memberikan yang terbaik bagi sesama saudara seiman. Alangkah manisnya buah keimanan kepada Alloh swt serta kecintaan kepada Rosululloh SAW.

Itsar, sebuah sifat yang sudah jarang kita jumpai dalam keseharian saat ini dimana kesibukan dan aktifitas yang padat serta perlombaan mengumpulkan materi dunia menjadikan sifat mementingkan diri sendiri lebih mendominasi.

Itulah satu dari sekian banyak perbuatan mulia, sebuah tuntunan yang tidak lahir melainkan dari kemuliaan nilai-nilai islam yang telah dicontohkan oleh Rosululloh SAW dan Para Sahabat, yang kiranya dapat kita ikuti setahap demi setahap sesuai kemampuan. Insya Alloh.

Creative Commons License
Sebuah Perenungan by Posts is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 Unported License.
Based on a work at zidaburika.wordpress.com.
Iklan

4 thoughts on “Itsar

  1. bener… aku juga merasa kayak gitu. banyak yang telah ku kerjakan namun tak ada satupun untuk saudara seimanku. kerelaanku ya… gitu cuma buat aku pribadi…. ternyata untuk menjadi seorang mukmin sejati itsar ada salah satu kunci untuk mewujudkannya..

  2. Memang para sahabat adalah khairul Qurun (generasi terbaik). Cukup menjadi teladan bagi umat saat ini. Di kehidupan modern memang itsar mulai sulit ditemukan apalagi di masyarakat perkotaan. Semoga Allah memudahkan kita memiliki sifat itsar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s