Senyuman

Sungguh, ketegangan suasana, peliknya masalah ataupun terasa kakunya ketika berkenalan dengan seseorang akan langsung mencair dengan hadirnya senyuman. Sebuah senyuman dibibir akan melepaskan kegundahan di hati. Dengan senyuman, beban berat seolah terlepas dari pundak kita. Dan sebuah senyuman yang menghias bibir seorang mukmin ketika tertimpa musibah adalah tanda ketabahan dan ridhonya atas cobaan yang datang dari Alloh swt.

Meskipun tersenyum adalah sebuah perbuatan yang paling mudah dilakukan, namun saat ini terlihat bagaikan suatu pekerjaaan besar yang sulit dilakukan. Padahal, Baginda Rosululloh Muhammad SAW dalam satu haditsnya mengatakan bahwa sebuah senyuman merupakan sedekah.

Dan kita pasti tahu bahwa sebuah senyuman yang kita berikan kepada orang lain adalah usaha tanpa biaya sedikitpun, malahan kita akan memperoleh banyak nilai kebaikan didalamnya, terlebih ketika hal itu kita niatkan karena Alloh SWT serta untuk mengikuti sunnah Rosululloh SAW, ataupun dalam rangka memasukkan rasa bahagia ke dalam hati sesama. Ketika terlaksana, maka hal ini sudah bernilai ibadah di sisi-Nya.

Subhanalloh! Begitu banyaknya jalan untuk berbuat kebaikan diatas permukaan bumi, namun terkadang kita saja yang kurang antusias menempuhnya. Semoga Alloh SWT mengaruniakan kita sepasang bibir yang senantiasa ringan tersenyum sebagai sebuah sedekah.

Creative Commons License
Sebuah Perenungan by Posts is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 Unported License.
Based on a work at zidaburika.wordpress.com.
Iklan

8 thoughts on “Senyuman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s