Langkah Hidup

Kehidupan manusia sangat berbeda dengan hewan. Hewan adalah makhluk hidup yang hanya diberi naluri dan syahwat untuk dapat mempertahankan hidup dan meneruskan keturunan. Bagi hewan, kehidupan hanya bertujuan untuk mencari makan dan terpenuhinya syahwat.
Manusia adalah makhluk yang sempurna. Dengan anugerah akal juga nafsu, menjadikan manusia sebagai makhluk yang unik sekaligus dinamis. Keunikan dan kedinamisan yang menuntutnya untuk senantiasa berada dalam kerangka aturan Alloh sehingga tidak melanggar batas-batas dan keluar dari fitrahnya.

Sesungguhnya kehadiran manusia di atas permukaan bumi ini tidak lain adalah sebagai hamba dan wakil Alloh SWT, yang senantiasa harus menjalankan aturan-aturan-Nya serta menegakkan kalimah-Nya. Sesungguhnya, manusia akan tampak mulia jika mengerti bahwa keberadaannya bukanlah sekedar mencari makan, menikah dan beranak pinak, tidur serta memiliki tempat tinggal dan terpenuhinya kebutuhan syahwat. Orientasi hidup dari seorang manusia bukan hanya sebatas untuk kehidupan dunia, melainkan jauh ke akhirat.

Hidup manusia akan menjadi mulia, ketika mengerti dan paham serta menyadari bahwa kehidupannya hanya ditujukan bagi Yang Maha Hidup, zat yang mencukupi kebutuhannya, yang memberinya nafas kehidupan, yang maha melihat setiap tindak tanduknya, yakni Alloh SWT.

Dunia adalah sarana baginya untuk makin mendekatkan diri, menyadarkan diri serta beramal soleh dan bukan sebagai tempat untuk membuat kerusakan, menebarkan ancaman, saling aniaya, dan bukan untuk mempraktekkan hukum rimba, dimana yang kuat akan menyikat habis yang lemah. Dengan kesucian fitrahnya ia paham, untuk siapakah hidupnya serta akan dibawa kemana setelah kematian menjemput. Itulah yang membedakan manusia dengan hewan dalam menjalani kehidupan, hari demi hari hingga ajal menjemputnya.

Semoga Alloh SWT memberi kita petunjuk, hidayah dan bimbingan yang akan mengantarkan kita pada pemahaman akan hakikat kehidupan, sehingga tidak terperdaya oleh gemerlapnya kehidupan dunia yang sementara dan menipu.

Creative Commons License
Sebuah Perenungan by Posts is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 Unported License.
Based on a work at zidaburika.wordpress.com.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s