Seimbang Dalam Perlakuan

Begitu beragamnya tingkat kesejahteraan manusia di atas permukaan bumi ini. Banyaknya variasi jenis profesi semakin menunjukkan tingkat kesejahteraan yang berbeda-beda. Dengan demikian, status sosial tiap orang akan tampak pada profesi yang dijalani.

Seiring dengan keadaan diatas, perlakuan terhadap sesamapun juga ikut mengalami perbedaan. Kecendrungan yang terjadi saat ini adalah, ketika berhadapan dengan sosok yang memiliki status sosial lebih baik atau tinggi, terkadang seseorang berlaku dengan sangat baik, hati-hati serta menjaga agar jangan sampai membuat sesuatu yang kira-kira akan mengusiknya.

Namun, ketika berhadapan dengan sosok yang secara status sosial lebih rendah, maka kecendrungan yang terjadi adalah sebagian orang akan berlaku sebaliknya. Merupakan sebuah adab ketika kita memuliakan seseorang karena keilmuwannya, sebagai rasa takdhim (penghormatan) atas ilmu yang dimilikinya. Namun tindakan yang terbaik adalah mampu bersikap seimbang dan proporsional dalam penerapannya.

Adalah sebuah keluhuran akhlak jika setiap perlakuan tidak memandang dari pada status sosialnya, melainkan memandang siapa yang telah menciptakan seseorang itu.

Creative Commons License
Sebuah Perenungan by Posts is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 Unported License.
Based on a work at zidaburika.wordpress.com.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s