Keagungan Akhlak Rasulullah SAW

 image.jpg

Saudaraku, islam sampai kepada kita saat ini tidak lain berkat jasa Baginda Rasulullah Muhammad SAW sebagai sosok penyampai risalah Allah SWT yang benar dan di ridhoi. Dan nanti di padang mahsyar, tiap umat islam pasti akan meminta syafa’at dari beliau SAW dan menginginkan berada di barisan beliau SAW. Namun, pengakuan tidaklah cukup sekedar pengakuan. Pasti yang mengaku umat beliau SAW akan berusaha mengikuti jejak beliau dengan jalan mengikuti sunnah-sunnah beliau dan senantiasa membasahi bibir ini dengan mendo’akan beliau dengan cara memperbanyak bersholawat kepada beliau SAW.

Sejarah tak akan mampu mengingkari betapa indahnya akhlak dan budi pekerti Rasulullah tercinta, Sayyidina Muhammad Sholallohu ‘alaihi wa sallam hingga salah seorang istri beliau, Sayyidatina A’isyah Rodhiyallahuanha mengatakan bahwa akhlak Rasulullah adalah “Al-Qur’an”. Tidak satu perkataan Rasulullah merupakan implementasi dari hawa nafsu beliau, melainkan adalah berasal dari wahyu ilahi. Begitu halus dan lembutnya perilaku keseharian beliau. Rasulullah SAW adalah sosok yang mandiri dengan sifat tawadhu’ yang tiada tandingnya.

Beliau pernah menjahit sendiri pakaiannya yang koyak tanpa harus menyuruh istrinya. Dalam berkeluarga, beliau adalah sosok yang ringan tangan dan tidak segan-segan untuk membantu pekerjaan istrinya di dapur. Selain itu dikisahkan bahwa beliau tiada merasa canggung makan disamping seorang tua yang penuh kudis, kotor lagi miskin. Beliau adalah sosok yang paling sabar dimana ketika itu pernah kain beliau ditarik oleh seorang badui hingga membekas merah dilehernya, namun beliau hanya diam dan tidak marah.

Dalam satu riwayat dikisahkan bahwa ketika beliau mengimami sholat berjamaah, para sahabat mendapati seolah-olah setiap beliau berpindah rukun terasa susah sekali dan terdengar bunyi yang aneh. Seusai sholat, salah seorang sahabat, Sayyidina Umar bin Khatthab bertanya, “Ya Rasulullah, kami melihat seolah-olah baginda menanggung penderitaan yang amat berat. Sedang sakitkah engkau ya Rasulullah? “Tidak ya Umar. Alhamdulillah aku sehat dan segar.” Jawab Rasulullah. “Ya Rasulullah, mengapa setiap kali Baginda menggerakkan tubuh, kami mendengar seolah-olah sendi-sendi tubuh baginda saling bergesekkan? Kami yakin baginda sedang sakit”. Desak Sayyidina Umar penuh cemas.

Akhirnya, Rasulullahpun mengangkat jubahnya. Para sahabatpun terkejut ketika mendapati perut Rasulullah SAW yang kempis tengah di lilit oleh sehelai kain yang berisi batu kerikil sebagai penahan rasa lapar. Ternyata, batu-batu kerikil itulah yang menimbulkan bunyi aneh setiap kali tubuh Rasulullah SAW bergerak. Para sahabatpun berkata, “Ya Rasulullah, adakah bila baginda menyatakan lapar dan tidak punya makanan, kami tidak akan mendapatkannya untuk tuan?”. Baginda Rasulullah pun menjawab dengan lembut, “Tidak para sahabatku. Aku tahu, apapun akan kalian korbankan demi Rasulmu. Tetapi, apa jawabanku nanti dihadapan Allah, apabila aku sebagai pemimpin, menjadi beban bagi umatnya? Biarlah rasa lapar ini sebagai hadiah dari Allah buatku, agar kelak umatku tak ada yang kelaparan di dunia ini, lebih-lebih di akhirat nanti.

Teramat agung pribadi Rasulullah SAW sehingga para sahabat yang ditanya oleh seorang badui tentang akhlak beliau SAW hanya mampu menangis karena tak sanggup untuk menggambarkan betapa mulia akhlak beliau SAW. Beliau diutus tidak lain untuk menyempurnakan akhlak manusia dan sebagai suri tauladan yang baik sepanjang zaman.

Saudaraku, sungguh kehadiran Rasulullah SAW adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia lewat segala hal yang beliau contohkan kepada umat manusia. Beliau tidak pernah pandang bulu dalam hal menghargai manusia, penuh kasih sayang, tidak pernah mendendam, malahan beliau pernah menangis ketika mengetahui bahwa balasan kekafiran adalah neraka yang menyala-nyala hingga menginginkan umat manusia untuk meng-esakan Allah SWT.

Cukup kiranya beliau yang jadi suri tauladan kita, umat islam khususnya yang hari ini sebagian sudah sangat jauh dari akhlak Rasulullah, baik dalam tindakan maupun perkataan yang menyejukkan. apa yang dikatakan oleh seorang sastrawan Pakistan, Muhammad Iqbal dalam salah satu karyanya dapat kita jadikan renungan bersama dimana beliau berkata: “Barangsiapa yang mengaku umat Nabi Muhammad, hendaklah berakhlak seperti beliau (Nabi Muhammad)”.

Dalam salah satu hadits dikatakan bahwa “Belum beriman seseorang sehingga aku (Rasulullah Muhammad SAW) lebih dicintainya daripada ayahnya, anak-anaknya dan seluruh manusia”(HR. Bukhari). Kita tidak tahu apakah nanti akan di akui Rasulullah sebagai umatnya atau tidak kelak di yaumil kiamah. Namun satu yang pasti bahwa semua ingin berada di barisan beliau. maka, marilah kita sama-sama berusaha untuk mengikuti akhlak beliau SAW semampu diri kita, sebagai suri tauladan kita yang utama, memperbanyak ucapan sholawat untuknya, membela sunnahnya, bukan malah membelakanginya (mari berlindung dari hal demikian), sebagai bagian dari rasa cinta kita terhadapnya.

Saudaraku, mari kita sampaikan salam dan sholawat kepada beliau SAW, yang dengannya kita akan beroleh cinta dan Syafa’atnya kelak di yaumil mahsyar. insya Allah…Amiin.

Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad, wa ‘alaa aalihi wa shohbihi ajma’iin…

Creative Commons License
Sebuah Perenungan by Posts is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 Unported License.
Based on a work at zidaburika.wordpress.com.
Iklan

63 thoughts on “Keagungan Akhlak Rasulullah SAW

  1. Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh,

    Aamiin Allahumma aamiin.

    Ya Robbana Ya Rahiim,

    Berilah kami kekuatan dan kemampuan untuk meneladani Baginda Rasul Shollallahu ‘alaihi wasallam sedikit demi sedikit..
    Tambahkanlah cinta kami kepada beliau ya Robb, yang dengan perantara kecintaan yg tulus kepada beliau engkau ridhoi kami sebagai umat yang beliau akui kelak di hari kiamat…aamiin Allahumma aamiin.

  2. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    sedih rasanya melihat akhlak diri saya pribadi sekarang ini, berbagai macam alasan digunakan untuk membenarkan tindakan yang tidak benar. mudah-mudahan dengan kembalinya kita semua terutama saya untuk belajar meneladani Rasulullah saw, kita semua menjadi pengikutnya yang setia dan dicintai oleh Rasulullah saw dan juga Allah SWT. amin ya Robbal alamin.

  3. wah bagus bgt ni artikelnya……………. bisa buat pelajaran kita, kaum2 muda, untuk bisa memperbaiki diri dengan mengetahui ahklak rasul………. Moga kita semua menjadi umat beliau yang sejati!!!!!!!!!!!!!

  4. Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh…

    Saling mendoakan dari jauh ya Saudaraku Wahyu,
    Semoga beliau bersedia mengakui kita (saya) sebagai umatnya, walau diri ini sering jatuh bangun dari kubangan keburukan dan tidak sempurnanya persembahan dan bentuk cinta yang ada…

    Assalaamu’alaika Ya Rasulallah…
    Assalamu’alaika ya Habiballah..
    Assalamu’alaika Ya NabiyarRahmah..

    aamiin Ya Robb

  5. Subhanallah..
    Sdh byk saya dengar mengenai keagungan Akhlak Rasulullah SAW,,”Ya Allah hamba sadar diri,hamba hanya umat Rasulullah yang kotor dan penuh dosa tetapi ijinkan hamba untuk sekedar melihat walaupun sedetik atau menyapa dgn sapaan terindah yaitu salam kepada baginda Rasulullah SAW.”
    Untuk para umat Rasulullah di muka bumi tolong bantu saya dgn doa y supaya kerinduan saya kepada Rasulullah bisa terobati.
    Wassalamualaikul Wr.Wb.

  6. ALHamduLiLLah MASih ada BLOg yang unTuk MEnginGAtkan SESEoraNG…..
    tingKAtkan TErUSSSS….

  7. Semoga kita diberikan kekuatan dan kemampuan utk mencontoh beliau secara bertahap dan kiranya kelak beliau sudi mengakui kita (saya) sebagai salah satu umatnya…aamiin Allahumma aamiin.

    Monggo Mbak Syifa Fauziah, silakan di salin/dicopy, jika akan dipajang di blog, kiranya berkenan utk mencantumkan sumber tulisannya 🙂

    Terima kasih

  8. subhanallah mulia sekali akhlak Rasulullah.. tak ada tandingannya,,,
    Allah SWT adalah Zat dg sifat2 yg Agung karena Zat tak dpt dilihat maka Allah mengutus seorang manusia dg di dalm.a ad sifat2Nya sbg suri tauladan u/ umatnya agar melihat contoh kongkritnya,, semoga aku dapat mengikuti beliau… amin..
    mohon izin u/ dicopy….

  9. Wa’alaikumussalam warahmatullah..

    Saudariku,

    Ketika ada saudara kita yg menasehati kita utk meninggalkan perbuatan jahat dan menganjurkan kita tuk melakukan perbuatan baik dan mulia, insya Allah itu merupakan bentuk kasih sayang mereka kepada kita, karena tidak relanya ia melihat kita terjerumus dalam kenistaan. Insya Allah kaum muslimin dan muslimat dimanapun berada yg melakukan sholat, telah memasukkan kita di dalam do’a-doa mereka saat mereka membaca ayat-ayat di surat Al Fatihah 🙂

    Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita taufiq sehingga mampu sungguh-sungguh berusaha untuk mencintai-Nya, mencintai Rasul-Nya, sehingga kiranya kelak Baginda Rasul sudi mengakui kita sebagai umatnya dan beroleh syafaatnya kelak di hari kiamat..aamiin Allahumma aamiin.

    Shollu ‘alan Nabiy Muhammad !

  10. assalammu’alaikum….

    saya selalu saja sedih bila membaca tentang Rasulullah…… beliau sangat mencintai dan merindukan umatnya, tapi kita? sering kali berpaling untuk hal lain yang belum tentu memikirkan kita sebagaimana Rasulullah. hanya Allah SWT, Rasulullah SAW dan orang tua yang benar-benar mencintai kita.
    laailahaillallahmuhammadurrasulullah…….

  11. SubhanAllah, bertambah kuat cinta ana kepada Rasulullah SWA lewat tulisan antum. Mohon izinkan ana meng-copy tulisan antum untuk bahan dakwah kepada umat. Syukran ya akhiy

  12. Wa’alaikumussalam…

    Silakan, saudaraku. Smoga tulisan di atas bermanfaat.
    Soal blog itu, smoga Allah SWT balik hati penulisnya dan beroleh hidayah islam..

  13. Assalamualaikum….
    Subhanallah…. Betapa agungnya Rasulullah dari segala segi. Maaf, saya mengkopi sebagian isi tuisan anda dan saya masukkan dalam blog saya. mahluktermulia.wordpress.om

    Saya ingin menginformasikan kepada Anda tentang orang yang terlalu menghina Islam (Allah dan Rasulullah). Mungkin kalau tidak keberatan tolong lihat beritamuslim.wordpress.com mungkin Anda juga merasakan apa yang saya rasakan setelah melihatnya. na’udibillah….
    Wassalamualaikm…..

  14. assalamualaikum..
    renungan ini amat baik sekali bagi orang yang ingin mencontohi baginda Nabi Muhammad SAW..
    khususnya dari segi keluhuran akhlak Baginda S.A.W..
    La ilaha illallah..!!!
    Muhammadar rasulullah..!!!

  15. Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh,

    Silahkan Mas Yusup, namun dengan kerendahan hati dimohon kiranya utk menyertakan sumber link tulisannya ya 🙂

    Terima kasih dan semoga bermanfaat 🙂

    Salam silaturrahim,
    Rozy

  16. assalamu’alaikum Wr. Wb.
    sblum’y sya mnta ma”f, krna sblum m’mbritahu Mas…..
    sya mngcopy tautan Keagungan Akhlak Nabi Muhammad s.a.w. yg da di blog Mas….
    sx lgi ma”f ya Mas
    wass
    ma’assalamah…..

  17. menteladani nabi memulai melalui syahadat yang harus dibimbing melalui guru, lalu ia akan diberi amalan untuk menghapus segala dosa, amalan dari nabi saw berdampingan dengan sholat lima waktu, oleh karena itu cobalah saudara cari guru tersebut yang bisa membimbing kita menghilangkan 30 sifat buruk yang ada pada diri kita masing-masing,insya allah anda akan selamat dunia wal akhirat

  18. wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh ya akhi…silahkan disalin…Insya Allah engkau akan bersama orang yang engkau cintai…aamiin.

  19. asalamualaikum warohmatullahi wabarakahtuh …. ana cinta rasulullah … maka ijin kan ana menyalin tulisan antum … agar semua muslim tahu … indahnya akhlak rasulullah … sehingga pantas bagi kita untuk meneladani nya ….. jazakallah khairant khasitran

  20. Alhamdulillahi Robbil ‘aalamiin,

    Wa iyyaka duhai Bapak Nana Sudiana…afwan saya bukan ustadz…
    Terima kasih Bapak sudah berbagi juga di sini…

    Allahumma sholli wasallim wabaarik ‘alaihi wa ‘alaa aalih

  21. Ummati…Ummati…Ummati….begitulah kata-kata terakhir Rasulullah SAW pada detik-detik terakhir sakaratul mawt beliau….begitu cintanya beliau kepada ummatnya…sedangkan kita masih juga melakukan hal-hal yang beliau benci dan larang…Astagfirulloh al adzim….semoga diri ini bisa semakin baik dan istiqomah sebagai hamba-Nya dan ummat Rasululloh SAW yang mulia itu…Amiiin yaa Rabbal Alamiiin.
    Allahumma sholli ‘alaa sayyidina wa habibina wa mawlana Muhammad wa aalihi wa shohbihi wasallim…
    Jazakalloh Ustadz…

  22. ass.untuk kita bisa mengikuti akhlak rosul tidak lain harus dengan mengaji/taklim aqdiah/bab2 akherat.antum saya undang ke majelis taklim attauhidiyyah shohibul masyhad rengasbandung cikarang timur bekasi pimp al habib husen alwi alathos setiap hari rabu ba’da isya’.

  23. ass.untuk mengetahui akhlak rosululloh tidak ada cara lain selain kita harus mengaji/taklim aqidah,bab2 akherat.ana al fakir mengajak saudara2 seiman yang ada di daerah jabodetabek wabil khusus daerah cikarang bekasi ayoo podo ngaji di ponpes attauhidiyyah shohibul masyhad rengasbandung cikarang timur bekasi.bukankah nanti di alam barzah yang pertama kali di tanyakan adalah bab ketuhanan dan kerosulan kalo kita gak bisa jawab yang pertama apakah akan dilanjutkan dengan pertayaan yang ke 2. coba akal kita nadlor: kalo kita kelas satu terus kita gak bisa apa2 ujian gak lulus apakah kita akan naik kelas 2.maka belajarilah hukum akal wajib,mustahil,jaiz bagi alloh dan rosululloh

  24. Alhamdulillah,, Teramat agung pribadi Rasulullah SAW,sy smpai menangis mmbc artikel ini.sy mmbt tgas ttg akhlak,n Alhamdulillah artikel ini dpt mmbntu sy untk mxampaikn ttg Ahlak Rasulullah yg luar biasa. Trmksh tlh mxdiakan artikel in utk qt smua.

  25. Marilah mulai saat ini kita perbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad SAW dan mentauladani semua akhlak belia”Allahumma sholli a’laMuhammad waa’laali Muhammad”.karena dengan itulah insyaAllah akan mendapatkan safaa’nya di yaumal kiamah.amin

  26. Allahumma sholli wasallim wabaarik ‘alaihi wa ‘alaa aalih..

    Alhamdulillah, terima kasih Mbak Fatma sudah sudi berkunjung 🙂

    Salam silaturrahim dari Batam 🙂

  27. Assalamu alaikum Wr. Wb.
    Aku ingin sekali punya akhlak seperti junjunan kita nabi besar Muhammad SAW. ammin

  28. Alhamdulillah, pesan penting yang dapat kita telaah bersama terhadap semua pesan kebaikan dari Beliau, Semoga dapat kita mendapat Keberkahan dengan mengikuti Beliau, Amiin

  29. Amin Allahumma amin…
    Allahumma sholli wasallim wabarik ‘alaihi wa’ala alih…
    ——————–
    Alhamdulillah…Terima kasih sudah berbagi di sini, saudaraku…

  30. Rasulullah adalah Rahmatan lil ‘Alamiin…
    Makhluk yang paling mulia…
    Bukan saja menyempurnakan akhlak manusia, tetapi juga memberikan syafa’at bagi umatnya kelak di hari kiamat. Seluruh makhluk hormat dan memuliakannya. Sungguh bodoh kalau ada orang yang sangat membenci rasulullah SAW. Hanya iblis la’natullah yang membenci Rasulullah SAW. Bersholawatlah mengagungkan namanya… MUDAH-MUDAHAN KITA MENDAPATKAN SYAFA’ATNYA…

  31. سْمِ اَللَّهِ اَلرَّحْمَنِ اَلرَّحِيم

    اللهم صل على سيدنا محمد و على اله و صحبه و بارك و سلم

    Shallu ala Nabi SAW wa ala alihi wa sahbihi wassallam.
    Sayyidatuna Aisyah ra ditanya mengenai akhlak nya Rasul SAW lantas Sayyidatuna Aisyah menjawab : ” kana khuluguhu khuluguhulqur’an”. Apakah ada yg lebih dari ini….?
    Ya ikhwan jika kita membahas budi pekerti Rasul secara detail niscaya sampai umur kita ini habis g ada selesai nya alias g selesai2.
    Sedikit doa :
    Cintailah ALLAH, Sang Pencipta Cinta.Juga Rasul-Nya yang mana Beliau adalah seorang Pencinta yang Telah mabuk cinta terhadap ALLAH SWT,kemudian Cintailah Ahlil Bait Rasul SAW, karena mereka mencintai ALLAH dan Rasul SAW.

    Sungguh…itulah jalan cinta yang sejati.Yang dimana kecintaan itu akan membawa kita tergila-gila pada Mereka, merindukan Mereka, sehinga kita pun dimabuk cinta,dan sangat ingin bergegas lari pada Mereka. “Al mar’u ma’a man ahab” Begitu kata Insan Termulia Rasul SAW, bahwa seseorang akan dikumpulkan dengan yang dia cintai.
    Ya Rabb…anugerahkanlah cinta yang sebenar-benar cinta kepada-Mu Ya ALLAH, juga pada Kekasih-Mu Rasul SAW, juga keluarganya yang telah Engkau sucikan, serta para shahabatnya dan pengikutnya. Hidupkan kami dalam kecintaan ini,dan matikanlah kami juga dalam kecintaan ini.Hingga kelak di hari itu, kami menjadi hamba yang berhasil,dan dikumpulkan dengan para Pencinta Sejati yaitu Rasul SAW, Keluarganya, Shahabatnya dan pengikutnya di syurga-Mu Ya Rabb,Ya Rabb dengarlah doa dari hamba-Mu ini, dan kabulkanlah Ya Rabb…
    Wa shallallahu ala sayyidina Muhammadin wa ala alihi wa shahbihi wa sallam…
    Walhamdulillahi Rabbil alamin

    ===
    Amin Allahumma amin…
    Allahumma sholli wasallim wabarik ‘alaihi wa ‘alaa aalih..
    Jazakallah ya habib sudah berbagi ilmu 🙂

  32. Assalaamu’alaikum wrwb “Mohon maaf saya di luar jalur tema” Yaa ikhwan mari sama sama kita do’akan saudara-saudara muslim kita di palestin dan untuk keutuhan Masjid Al Aqsho dari gempuran Israel yang biadab,mereka menembakkan rudal ke salah satu Masjid di palestin,sekali lagi saya mohon maaf kepada yang mempunyai Halaman ini atas kelancangan saya.

  33. Assalaamu’alaikum…
    Membaca artikel tentang Rasulullah saw. Membuat saya sedih dan sangat merindukan Beliau,akan tetapi dapatkah kerinduan ini terbalas kelak?Mengingat banyaknya dosa-dosa yg saya perbuat,rasanya mustahil saya dapat bertemu Rasulullah kelak di negeri Akhirat,ya Allah jadikanlah kami kedalam golongan orang-orang yg sholeh,dan kuatkanlah hati kami agar beristiqomah dalam mentaati-Mu,agar kami dapat berjumpa kelak dengan-Mu,Rasulullah,para Nabi-nabi,para sahabat Rasulullah,dan seluruh orang-orang yg beriman Aamiin…

    ===
    Amin Ya Robb !

  34. Assalamualaikum,
    Subhanallah setelah saya membaca artikel mengenai akhlak beliau, spontan saya rasakan haru. Sempat berfikir jauh sekali perbandingan kita dengan beliau. Khususnya saya yang jujur masih banyak mencampurkan setiap langkah dalam hidup saya dengan melibatkan hawa nafsu. Astagfirullah…
    Alhamdulillah, semoga setiap hembusan nafas kita diatur oleh Allah SWT. Amin
    Wassalam

    ====
    wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh,

    alhamdulillah..amin Allahumma amin..

    Shollu ‘alannabiy !

  35. Assalamu’alaikum
    Allah…hamba yakin bukan ku sorang yang hendak berakhlak seperti Rasulullah junjungan kami; dan hamba yakin, bahwa kami berkehendak lebih dari sekadar ingin.
    Mudahkan kami ya Allah dalam meneladani sosok, pemikiran, dan perilaku hamba-Mu yang agung itu; hingga hari perjumpaan kami dengan kematian. Dan Kau perkenankan kami berjumpa dengan Rasul-Mu. Amin
    Wassalamu’alaikum

  36. Assalamualaikum w.b.t

    Rindu sungguh pada junjungan besar nabi kita Nabi Muhammad s.a.w. Terima kasih atas posting yang mampu mengingatkan sy kembali untuk meneladani akhlak beliau:)

    salam kunjungan dari Malaysia…

    Wa’alaikumussalam wr wb Saudari Mia Sarah,
    Alhamdulillah dan terima kasih atas kunjungannya. Siapa yang tak merindukan Rasulullah SAW? Terkadang segala rasa bercampur jika teringat perihal beliau, perihal segala kemuliaan dan keagungan akhlaknya. Malu rasanya berucap nama beliau, sementara diri kita tak pernah bersungguh-sungguh berusaha untuk menjadikan beliau sebagai contoh teladan hidup kita 😦 . Ya Wahhab…Kurniakanlah kami kesungguhan diri mencontoh beliau…

  37. Aku hanya mampu berdecak kagum untuk segala sifat dan sikap keteladanan Baginda Rosullulah SAW,karena mampu menyadarkan aku yang hampir jatuh lagi dalam lubang kenistaan.Alhamdullilah atas hikmah yang aku dapat setelah membaca tulisan ini.semoga juga bisa menjadi manfaat untuk yang lain.Amin…
    minta doanya dari saudara seiman semua……

    Amin Allahumma amin…Semoga rasa cinta dan rindu kita mengantarkan kita untuk dapat melaksanakan sunnah-sunnahnya dgn baik dan insya Allah kelak kita beroleh syafaatnya…amin..Terima kasih atas kunjungan Mbak Ima..

  38. assalamualaikum,wr,wb.

    subhanallah..
    hanya bisa berkata..
    allahuma sholi wassalim wabarik alaih..
    izikanlah diriku untk bertemu dgn nya..
    untk menangis diatas pundaknya..
    menangisi apa yg telah terjadi pada umatnya saat ini..
    salam kenal..
    wassalamualaikum,wr,wb.

    Wa’alaikumussalam wr wb Mas Syahbal,
    amin Allahumma amin..Semoga kita bisa membahagiakan beliau dengan memulainya dari perbaikan diri sendiri sebagai umat yg mencintai dan melaksanakan sunnah2nya semampu diri kita dengan tidak lupa meminta bimbingan dan petunjuk Allah SWT. Salam kenal kembali dan terima kasih sudah sudi berkunjung..

  39. Assalamu’alaikum
    Innalhamdalillah wassholatu wasshola ‘alannabiyyil musthofa. wa ba’du.
    Semoga maulid nabi 1429 H., jadi momentum bagi kita untuk berbenah dan meneladeni sunnah Rasulullah. Mampukan kami ya Allah. Amin.
    Wassalamu’alaikum

    Wa’alaikumussalam akh…
    Alhamdulillah…insya Allah…semoga kerinduan kita pada beliau SAW terwujud dengan mencintai dan melakoni sunnah-sunnahnya semampu diri kita..amin Allahumma amin..

    Allahumma sholli ‘alaa sayyidina wa habibina wa mawlana Muhammad wa aalihi wa shohbihi wasallim..

  40. subhanallah wal hamdulillah Allah telah anugerahkan pada kita umat manusia seorang pembawa risalah yang agung akhlaknya, yang terasa berat olehnya beban dari umatnya, yang air matanya selalu menetes untuk umatnya, yang darahnya dicucurkan demi kehormatan umatnya. Rasulullah Muhammad SAW, engkaulah sang idola sejati, kekasih Allah, panutan semua manusia. semoga setiap umatmu mendapatkan syafaatmu. Allahumma sholli wa salim ‘alaa sayyidinaa Muhammad. Allahu Akbar. Hidup Islam.

  41. Assalamu’alaikum
    No comment Khi atas tulisan Antum. Berkelana di dunia fana ini telah banyak melenakan. Semoga masih ada masa buat ana untuk mengikuti risalahnya yang agung itu. Ya Rasulallah, tak dapat kubendung linangan air mata ini bila ku selami perjalananmu. Syukron Khi
    Wassalam

  42. @ Anjar
    ‘Alaikumussalam,
    Alhamdulillah. Benar. mari kita perbanyak sholawat utk Beliau SAW dan salaing berpacu dan berusaha utk meneladani akhlak Beliau SAW. Insya Allah kita diberikan kekeuatan untuk melakukannya

  43. assalamu”alaikum.mksih dah ngsai tw ttg akhlak rosulallah.bnyak banget yang bsa d contoh dari rosul.ayo sahabat,,jdikan solawat sbgai perisai.ana mahasiswa 2007 ugm.ternyata,,masya Allah,,,tanpa perisai yang kuat,lingkungan dah parah.jadi rindu rosul euy.ana jdi takut kbawa yang ga baik.

  44. al hamdulillah, setelah ana baca blog ini dapat mengingatkan kembali akhlaq rasulullah SAW. sebenarnya ana sering membaca dan mendengar secara langsung dipengajian-pengajian, namun akan lebih lengkap rasanya kalau sering-sering membaca blog seperti ini, ana salut 100% blog ini sangat mendidik dan akan dapat menjadi obat bagi para koruptor pemakan uang negara secara bathil.
    semoga kita dapat amalkan dan meniru akhlaq rasulullah SAW.

  45. Assalamualaykum wr.wb

    kalau mbak merenung, jelas saat di padang masyar nanti, umat Muhammad yg selalu mengikuti sunahnyalah yg dengan mudahnya menemukan barisan yg dipimpin Nabi nantinya.

    Dan kalau mbak merenung stlh membaca postingan ini, mbak jadi berpikir, bagaimana mungkin akan mendptkan safaat Nabi, apabila kita tidak pernah menjalankan sunahnya (Nabi) dan mendoakannya (Nabi).

    Renungannya lagi, kalaulah Nabi selalu menutupi apa yg menimpah beliau spt lapar agar tidak menyusahkan dan membebani para sahabatnya dan umatnya, namun kita sering kali menceritakan bagaimana menderitanya kita menjalankan hidup ini.

    Nabi memiliki istri lebih dari satu, tapi menjahit pakaian sendiri, betapa respeknya Nabi terhadap istri istrinya, Ia tahu kalau pekerjaan wanita itu banyak dan lelah, seandainya saja para suami jaman sekarang juga memperhatikan hal ini ? Sebab kadang para suami ada yg menyuruh melakukan sesuatu yg sebenarnya ia sendiri sanggup melakukannya, tp ia menyuruh istrinya, sekalipun ia tahu istrinya sibuk, walau pun memang tidak semua suami seperti itu.

    Syukron atas postingannya ya akhi, mbak jadi merenung dalam sekali.

    wassalam,
    mbak diah
    http://mbak-diah.blogspot.com

  46. tulisan yang bagus…
    keep writing bro 🙂

    @ zidaburika ;

    Alhamdulillah bro,
    Semoga kita jadi bagian umat Rasulullah SAW yang bukan hanya mampu mengenang, namun mampu meneladani pribadinya yang mulia… 🙂
    Insya Allah

  47. ya Allah begitu agungnya ahlaq beliau, semoga kita bisa meneladaninya,

    PS: aku dah gak ada hutang ya, kan abang dah posting sendiri, lagian bagusan tulisan abang kok 🙂

    @ zidaburika ;

    Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘alaa alihi washohbihi ajma’in…

    Semoga Allah SWT karuniakan kemampuan dan kemudahan serta himmah (semangat) untuk senantiasa meneladani beliau SAW.

    Alhamdulillah sahabat, postingan ini adalah recycle postingan di blog terdahulu. Terima kasih atas bincang2nya kemarin, meski saya ditinggal entah kemana 🙂

Komentar ditutup.