Lahan Bercocok Tanam

kincir.jpg 

Sebuah pepatah mengatakan bahwa kehidupan merupakan kitab yang indah, namun tidak akan bermanfaat bagi yang tidak membacanya. Memang, kehidupan dunia sesungguhnya banyak memberikan pelajaran bagi manusia. Keadaan makhluk hidup, adanya bermacam spesies hewan maupun tumbuhan, dapat menjadi pelajaran dalam melihat dengan benar posisi kita di dunia sebagai sebuah kesadaran atas kebesaran Allah SWT.

Anugerah kehidupan dapat digambarkan seperti sebuah lahan yang siap kita olah dan manfaatkan. Kita hidup di dunia ini bagaikan orang yang sedang bercocok tanam. Untuk dapat menjalaninya dengan baik dan benar, Allah SWT telah memberi kita tuntunan sehingga kita paham akan ditanam apakah lahan itu.  Kita juga diberi metode bagaimana harus bercocok tanam, apa yang mesti ditanam, akan diberi pupuk seperti apa, hingga bagaimana kita dapat mengambil manfaat dari apa yang telah kita tanam.

Lahan yang ada itu merupakan modal dasar kebahagiaan kita di hari akhir nanti jika kita mengerti dengar benar apa yang harus kita tanam. Sebaliknya, lahan itu juga dapat menjadi modal kesengsaraan kita di hari akhir nanti jika kita tidak mau mengerti dan ambil peduli tentang apa yang mesti kita tanam sewaktu di dunia. Sebagai manusia, kita harus mengerti memposisikan diri kita, apa yang mesti kita ambil dan tinggalkan, apa yang bermanfaat dan membahayakan serta merugikan kualitas kita sebagai manusia, sebagai makhluk Allah SWT yang dilebihkan dengan akal pikiran dan hawa nafsu.

Bagi muslim khususnya, Marilah kita senantiasa meminta bimbingan dan kekuatan iman yang benar dari Allah SWT agar langkah hidup kita dapat terarahkan dengan baik dan benar sesuai dengan aturan-aturan Allah SWT dan tuntunan Rasul-Nya SAW. Marilah kita senantiasa meminta petunjuk-Nya agar kita cermat serta berhati-hati ke arah mana kaki harus kita langkahkan.

Kehidupan dunia juga diibaratkan seperti bunga mawar. Jika kita tidak pandai memetiknya, maka kita akan terkena durinya. Pena adalah pohon, sedangkan buahnya adalah tulisan. Bagi manusia, akal fikiran adalah lautan, dan mutiaranya adalah hikmah kebijaksanan.

Creative Commons License
Sebuah Perenungan by Posts is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 Unported License.
Based on a work at zidaburika.wordpress.com.
Iklan

7 thoughts on “Lahan Bercocok Tanam

  1. itulah makna ketaqwaanyang didefinisikan Umar ra, taqwa dalam arti hati-hati waspada, jgn samapi tertusuk duri maksiat, azab, kemurkaan al_’Aziz, danitulah sewmestinya yg menjadi buah dari selama sebulan kita menempa diri dengan shaum dan berbabagai ibadah lainnya di bulan Ramadhan mubaarok, yaa akhi kita saling mendoakan
    “TAQOBBALALLOOHU MINNA WA MINKUM” Semoga Alloh Menerima setiap amal kita dan mengaruniai nilai Taqwa pada kita dengan berhati hari dalam melanjutkan perjalanan kita di dunia yang fana ini menuju keabadian hakiki wallohu a’lamu wi showab

  2. @ Mbak Diah, Kang Abuy, Mas Saifurrahman

    Wa’alaikumussalam Wr Wb,

    Taqabbalallahu minna waminkum.
    Semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah kita selama Romadhon yg lalu dan kiranya Allah SWT memanjangkan umur2 kita hingga dapat bertemu lagi dengan Romadhon 1429 H tahun depan..Insya Allah.
    Semoga syawal ini merupakan moment peningkatan setiap amal2 kita menuju keridhoannya dengan senantiasa bermohon kekuatan dan bimbingan dari-Nya.

    Dari saya sekeluarga tak lupa mengucapkan;
    Mohon maaf lahir & batin atas khilaf yg tampak maupun yg tersembunyi dan sekedar terlintas.

    Wassalam
    Fakhrurrozy & Komariah sekeluarga

  3. Wa alalikumussalam wr wb Saudaraku.

    Tiada yang indah untuk diucapkan di hari fitri ini selain untaian doa “taqabbalallah minna wa minkum” semoga Allah menerima amal ibadah kita semua. Semangat baru dan taqwa yang meningkat semoga kita miliki di hari mulia ini. Kami sekelarga juga mohon dibukakan pintu maaf selebar-lebarnya atas segala khilaf.

    Wassalam
    Saifurrahman & keluarga

  4. iyulah maknahakiki KETAQWAAN yang disampaikan Umar ra waspada, memanage diri, takut kepada Alloh sehingga apa yg kita lakukan di dunia fana ini penuh dengan kesadran dan pertimbangan nilai manfaat dunia akherat wallohu a’lamu

  5. Assalamualaykum wr.wb

    Dunia dan isinya merupakan salah satu ayat Allah SWT selain ayat Allah SWT di dlm Al-quran, yg seharusnya kita pikirkan (tafakurkan) guna meningkatkan iman kepada Allah SWT.

    Kami sekeluarga mengucapkan :
    Selamat hari raya idhul fitrih, mohon maaf lahir bathin.
    1 syawal 1428 H

    Semoga amal syaum ramadhan sebulan penuh diterima Allah SWT, diampuni dosa, shg bagaikan bayi yg baru lahir….amiiin

    wassalam,
    mbak diah, Zahiruddin Ballnus, dan Muhammad Ballnus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s