Peranan Allah SWT Dibalik Kemajuan Peradaban

 lampu.jpg

Dahulu, di era tahun 80 hingga 90-an, berkomunikasi dengan menggunakan telepon genggam merupakan sesuatu hal yang masih langka. Mereka yang dapat menggunakan telepon genggam dapat disebut sebagai golongan orang-orang yang mapan dan berlebih secara finansial. Anda pasti masih ingat, bagaimana mahalnya harga sebuah kartu perdana yang dijual di pasaran. Tidak cukup mengeluarkan uang puluhan ribu rupiah untuk sebuah kartu perdana seperti saat ini yang terkesan seperti membeli kacang goreng, melainkan dahulu orang mesti merogoh kocek mereka dalam-dalam untuk ratusan ribu rupiah.

Waktu berjalan. Setiap orang semakin berpacu dan terpacu untuk terus mengadakan penemuan-penemuan dan pembaharuan dalam bidang teknologi. Setiap orang saling berlomba-lomba untuk mengais keuntungan lewat hasil penemuan-penemuan baru mereka yang dijajahkan di pasaran dan semakin banyak diminati dan dinikmati oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu pesat seolah tiada hentinya.

Model peralatan elektronik yang pada tahun lalu menjadi primadona, ternyata di tahun ini sudah terlihat ketinggalan dan semakin ditinggalkan. Dan tidak dipungkiri, bahwa akal manusia senantiasa berperan dalam setiap kemunculan banyak ide dan gagasan baru dalam dunia pengetahuan. Tidak sedikit orang pintar yang ada di dunia ini dengan segala hasil karya gemilangnya yang masih saja abadi digunakan serta nama mereka di abadikan dalam tinta emas sejarah serta mengundang ketakjuban banyak manusia dalam perjalanan dunia ini.

Seperti itulah penghargaan yang diberikan oleh manusia, terhadap banyak orang yang telah berjasa dalam pencapaian ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, jika kita mau sadari bersama, pernahkah ketakjuban kita itu kita pulangkan kembali kepada dzat yang telah menciptakan akal dibalik sosok-sosok orang-orang sukses tersebut? Pernahkah kita kaitkan segala kesuksesan mereka itu berkat izin dzat yang Maha Menciptakan dan mengadakan, yakni Allah SWT?

Pernahkah kekaguman kita itu semakin membesarkan keberadaan-Nya di hati kita atau malah sebaliknya, kita dewa-dewakan akal pikiran dan memandang bahwa semua kemajuan dan kesuksesan pencapaian peradaban manusia semata-mata hasil usaha dan kerja keras manusia itu sendiri tanpa mengkaitkan-Nya dengan peranan serta keagungan dan kebesaran Allah SWT, Sang pemilik akal?

Creative Commons License
Sebuah Perenungan by Posts is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 Unported License.
Based on a work at zidaburika.wordpress.com.
Iklan

8 thoughts on “Peranan Allah SWT Dibalik Kemajuan Peradaban

  1. Subhanallahu walhamdulillah wa laa ilaa ha illallah wallahuakbar.
    Siapa yang berada dibalik semua keteraturan ini? Semua yang di alam raya hingga yang di alam mikroskopis? Siapa yang berada dibalik semua keteraturan kerja sel dan bagian-bagiannya? Bahkan siapa yang berada dibalik kerja gen, bagaimana seuntai pesan mempengaruhi kerja sel? Subhanallah, maa kholaqtahadza batilan.
    Bersama komentar saya ini, saya berharap do’a dari antum untuk kesuksesan penelitian tentang kerja gen dalam topik transfer gen pada ikan. Sungguh, Allahlah yang menggerakkan saya akan semua ini, karena laa haula wala kuwwata illa billah. Syukron wa ‘afwan

    Amin Allahumma amin saudaraku…Semoga sukses dengan segala cita-cita dan dibimbing oleh Allah SWT 🙂

  2. Terimakasih atas kunjungannya saya amat tersanjung dan salam kenal juga dan jangan lupa sering-sering mampir ya.

    Alhamdulillah & terima kasih atas kunjungan balasannya Mas Edi 🙂 . Insya Allah silaturrahim ini bisa tetap terjaga..amin

  3. Seorang guru pernah berkata dalam satu tausiyahnya, intinya bermaksud seperti ini, bahwa bentuk kesyukuran atas segala nikmat yang kita terima, baik itu kesehatan, kepintaran atau apapun bentuk nikmat yg diberikan adalah dengan cara menggunakannya dalam rangka ketaatan kepada Allah SWT serta untuk kemaslahatan dan kebaikan sesama manusia serta bukan untuk bermaksiat kepada-Nya.

    Semoga Allah SWT anugerahkan kesadaran seperti ini kepada kita serta kekuatan utk melakukannya…Insya Allah..amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s