Menjaga Pandangan Mata

 matakita.jpg

Saudaraku,

Sadarkah kita, bahwa sudah sekian banyak pandangan mata kita umbar tiada batas untuk memandang segala hal yang ada dihadapan?
Sudah berapa banyak hal-hal terlarang yang pernah kita pandang hanya untuk kepuasan nafsu yang sangat sesaat namun sebenarnya sedang mengiring kita pada kerusakan dan kehancuran?

Saudaraku,

Seorang Imam al ghazali di dalam kitabnya Ihya’ ulumuddin menyebutkan, bahwa mata adalah panglima hati. Hampir semua perasaan dan perilaku awalnya dipicu oleh pandangan mata. Bila mata dibiarkan memandang yang dibenci dan dilarang, maka pemiliknya berada di tepi jurang bahaya. Meskipun ia tidak sungguh-sungguh jatuh ke dalam jurang”.

Saudaraku,

Sungguh tidak ringan hal-hal yang menyangkut masalah pandangan. Jika kita keliru menggunakannya dan senantiasa mengumbarnya untuk hal-hal yang dilarang, berarti kita mengancam diri dalam bahaya yang besar karena mata adalah pintu paling luas yang bisa memberikan banyak pengaruh pada hati.

Seorang ulama terdahulu pernah berkata, bahwa sesungguhnya hati adalah raja, sedang seluruh anggota tubuh merupakan pasukannya. Jika rajanya baik, maka baik pula pasukannya. Sedangkan jika rajanya buruk, maka buruk pula pasukannya. Selain itu menurut beliau, bahwa sekiranya hati dianugerahi pandangan, tentu ia (hati) tahu bahwa rusaknya pengikut-pengikutnya (anggota tubuh) adalah dikarenakan telah rusaknya hati, sedangkan kebaikan-kebaikan dari anggota tubuh adalah karena kebaikan hati.Menurut beliau, bahwa sumber bencana yang menimpa hati adalah karena hati tidak memiliki cinta pada Allah SWT, tidak suka berdzikir kepada-Nya, tidak menyukai firman, asma serta sifat-sifat-Nya.

Saudaraku,

Tidak mudah memang untuk senantiasa menjaga pandangan mata, menghindarkannya dari hal-hal yang dilarang dan akan mengotori hati. Namun, tahukah kita, bahwa kemanisan beribadah serta rasa kedekatan dengan Sang Kholiq akan senantiasa melingkupi jika kita sungguh-sungguh berusaha melakukannya? Sebagaimana disebutkan oleh seorang ulama terdahulu, bahwa memelihara pandangan akan menjamin kebahagiaan seorang hamba di dunia dan akhirat, memberikan nuansa kedekatan seorang hamba kepada Allah, menguatkan hati, serta membuat seseorang merasa lebih bahagia.

Lebih lanjut beliau menyebutkan, bahwa memelihara pandangan sesungguhnya akan menghalangi pintu masuknya bisikan-bisikan syaitan ke dalam hati. Dan sesungguhnya, jika kita mengosongkan hati untuk memikirkan hal-hal yang bermanfaat, maka Allah SWT akan meliputinya dengan cahaya.

Saudaraku,

kita tidak pernah tahu apa yang dikandung oleh pandangan mata dan apa yang terlintas di hati seseorang, kecuali oleh Allah SWT yang Maha Mengetahui. Apa yang menjadi rahasia diri kita, apa yang menjadi kecenderungan kita, hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui. Semua rahasia diri kita sesungguhnya begitu jelas dilihat oleh Allah SWT tanpa tersekat oleh apapun. Kita mungkin mampu berpura-pura dihadapan manusia, menunjukkan sifat dan sikap mulia, namun mampukah kita berpura-pura dihadapan-Nya?

Rasulullah SAW pernah bersabda dalam salah satu haditsnya, bahwa “Hendaklah engkau menyembah Allah seolah-olah engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, yakinilah bahwa Dia melihatmu”.

Saudaraku,

Perjalanan hidup hanya sebentar. Kita sekarang tengah melangkah di sisa-sisa tarikan nafas dari jatah hidup yang diberikan-Nya.
Semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita, menganugerahkan kita hati yang hidup, hati yang merindukan belai kasih-Nya, yang senantiasa berdzikir dalam setiap degupan jantung, yang memompakan darah keimanan ke sekujur tubuh, sehingga hidup semata-mata untuk menggapai keridhoan-Nya.

Wallahu a’lam

Creative Commons License
Sebuah Perenungan by Posts is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 Unported License.
Based on a work at zidaburika.wordpress.com.
Iklan

40 thoughts on “Menjaga Pandangan Mata

  1. Assalam. Wr. Wb
    Alhamdulillah.. Sa Pernah Mendengar Jangan Ikuti Kata Hati Karena tempat i2 mampu di tempati setan/iblis maka yang harus dilakukan dengar & ikutilah Kata yang Menciptakan Hati Itu ”’ ALLAH. S.W.T ”’

  2. Afwan akhi…Semoga Allah SWT senantiasa membimbing dirimu dan diriku, lahir dan batin utk tetap berada di jalan-Nya…aamiin Ya Robb

  3. Syukron akhi… Begitu banyak pandangan mata yg kuumbar,sudah tau kalau salah tp msh ja kulakukan. Astaghfirulloh..

  4. Assalamualaikum…………
    terima kasih di atas ilmu yang saudara curahkan………..
    akan saya amati dan renungkan sebagai panduan dalam kehidupan seharian……
    semoga ALLAH S.W.T sentiasa memberi rahmat ke atas saudara……

  5. Syukran atas tausyiahnya..
    Semua itu tergantung dari hati kita. Jika hati kita bersih maka kita akan mampu mengarahkan anggota tubuh kpd sesuatu dhalalkan oleh ALLAH. Maka jika hati busuk maka akan sangat mudah anggota tubuh kita melakukan sesuatu yang dharamkan oleh Allah..
    Salah satu menjaga hati adalah dgn zikrullah. Dan yg terpenting juga kita tetap istiqamah menjalan amal ibadah harian sesuai dengan tuntunan Rasulullah Saw. Maka dgn sendirinya mata juga akan terjaga
    Wallahu’alam
    (Mudah diucapkan,tp berat tuk diamalkan.perlu perjuangan)

  6. Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Silakan Mas Erik..Mudah2an bermanfaat, terlebih buat saya..karna sejujurnya adalah butuh perjuangan ekstra untuk mengamalkan isinya, terlebih di zaman ini..Semoga Allah SWT senantiasa memberi kita kekuatan lahir bathin.

    Terima kasih telah berkunjung & salam kenal dari saya 🙂

    -Rozy-

  7. Alhamdulillah..
    Amiin Allahumma amiin..
    Saling mendoakan ya saudaraku..
    saya sekedar meneruskan apa yang saya dapat dan sesungguhnya dalam prakteknya butuh kesungguhan.
    semoga Allah swt senantiasa membimbing kita…amin

  8. Subhanallah, terima kasih saudaraku…smoga kita termasuk orang-orang yang bertaubat dan selalu menjaga pandangan dan dicintai-Nya… Terimakasih atas artikelnya.. saya sedang berusaha tuk memperbaiki hati ini dengan menjaga pandangan..mohon doanya

  9. Assalamualaikum..
    Syukron y buat nasehatnya.
    Hati seperti wadah,sedangkan mata,mulut,telinga,pikiran adalah bahan-bahan yang akan dimasukkan ke dalamnya.apabila air yang masuk ke dalamnya air bersih semua maka akan terkumpul air bersih yang banyak.tetapi apabila yang dimasukkan air kotor semua maka yang terkumpul menjadi keruh.
    Begitulah hati,jika yg dilihat halal,yg d dengar ayat2 Alqur’an&tausiah2,yang dimakan halal,tidak berfikiran jorok,mulut slalu berdzikir InsyaAllah hati pun akan terjaga.

    Salam kenal y akhi..

    ===
    Alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh akhi Taufiq,

    Alhamdulillah dan terima kasih sudah berbagi ilmu.
    Terima kasih atas kunjungannya dan salam kenal kembali dari saya 🙂

  10. Sungguh menentramkan sekali ketika membacanya..

    Sungguh wlaupun sulit menjaga pndangan,,tapi hati ini sngat tenang sekali ktika kita brhasil menjaga pandangan..

    Smga kita slalu istiqomah di jalan allah..

    Jazzkllah ats tulisanx/renunganx akhi..

    ===
    Amin Allahumma amin..

    Alhamdulillah…sama-sama akhi Daus..

  11. Aswrwb.

    Alhamdulillah, di tengah kegalauan akan sulitnya menjaga pandangan mata, saya tercerahkan dengan membaca artikel ini.

    Jazakallah ustad. Semoga Allah mengkaruniakan keistiqamahan kpd kita semua. amin.

    Uhibbukum fillaah…

    Wswrwb.

  12. Assalamu’alaikum.. sya cuma mau bilang saya mau mengambil data anda untuk bahan tausyiah saya. jazakallahi y. ^_^

    ===
    alaikumussalam..
    Silakan..
    namun jangan lupa ricek sumber ini ke ahlinya ya..
    Jazakillah..^_^

  13. Sayang sekali saya baru menemukan reminder seindah ini sekarang..Tapi, Alhamdulillah, akhirnya ketemu. Lam kenal

    ====
    Alhamdulillah…Salam kenal kembali Mbak Lelly 🙂

  14. Salam’alaikum bro

    Doakan saya agar senantiasa istiqomah dalam menjaga mata saya 🙂

    Wassalam

    Wa’alaikumussalam bro,
    Saling mendoakan saja ya Mas Dimas, Karena saya pribadi juga dalam tahap belajar untuk bisa menjaga mata saya 🙂

    Terima kasih telah sudi menjenguk saya di ruang ini. Salam silaturrahim 🙂

  15. Namun diantara benteng itu yang paling manjur adalah “menjaga hati”. Semoga Allah senantiasa menguatkan hati-hati hambaNya…….

  16. Aduh, saya paling sulit menjaga mata ini. Sudah belajar sih, tapi lingkungan sangat tidak mendukung!
    Ampuni hamba-Mu ini ya Allah!

    Sungguh mas. Siapapun tidak akan memungkiri susahnya menjaga pandangan. Namun sumber utamanya ya itu tadi, “Hati”. Membenahi hati agar senantiasa bersih adalah langkah awal utk bisa menerapkannya. Kata seorang ulama, jika hati itu “kotor”, maka anggota2 tubuh juga akan menyukai hal-hal yg “kotor”. Dan satu lagi seharusnya yg perlu disadari, bahwasanya kapanpun dan dimanapun, Allah pasti melihat apapun perbuatan kita…
    Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan iman kepada kita semua…amin.

  17. Assalamualaikum
    Jazakallah atas artikelnya,alhamdulillah saya bisa dapatkan juga.setelah peristiwa yang terjadi di sekolah tentang keteledoran (maaf) menjaga pandangan termasuk menjaga pandangan dari gambar gambar yang tak sehat. mengingat media komunikasi sekarang ini sudah semakin maju sehingga setiap orang bisa dengan mudah mengakses informasi

    Wa’alaikumussalam, amin..

  18. Semoga saya dapat menjaga mata saya dari sesuatu hal yang dilarang oleh-Nya dan saya sangat mengharapkannya sekali, juga kita semua. Seandainya saja semua akhwat dapat menutup semua auratnya maka pandangan mungkin akan semakin terjaga. Termasuk juga yang lainnya.

  19. syukron kunjungannya akhi,

    nah ini dia, menjaga mata memang susah sekali, apalagi saat berpuasa serasa banyak sekali yang tidak pantas dipandang malah justru bersliweran..

    senang mengunjungi blog ini, menentramkan. terus menulis akh!

    Alhamdulillah dan terima kasih..Insya Allah 🙂

  20. Assalamu’alaikum Wr Wb.

    Kembali lagi………
    oOo…ya, syukron ya pak jawabannya ^_^
    Tambahan !!! masih seputar “Menjaga Pandangan Mata”
    Bahaya memandang yang berlebihan :
    QS. An Nuur :30-31
    – Mempersilahkan setan masuk ke hati
    – Melepaskan pandangan semaunya, akan menyebabkan penyesalan, kesedihan, dan kelupaan.
    – Pandangan bereaksi dalam hati seperti anak panah.
    – Menyebabkan hati lemah
    – Menjauhkan dari Alloh
    – Menyebabkan hati jatuh dalam kehinaan
    – Menyebabkan hati jatuh dalam tawanan syahwat
    – Melepaskan cahaya ketajaman jiwa
    – Mengharuskan untuk dikuasai sikap lalai terhadap Alloh /terlena
    – Menyebabkan hati teracuni
    >>Kita tak tahu, seandainya penglihatan kita diambil oleh Alloh sewaktu – waktu…..apa yang akan terjadi???. Maka dari itu, mari kita syukuri nikmat yang tiada terhingga ini dengan menjaga pandangan kita.

    =========Jangan Ambil Penglihatanku===========
    Indahnya dunia dapat ku memendangnya
    Syukur tlah Kau beri penglihatanku ini
    Walaupun terkadang dosa mengundang mata
    terus merasukiku untuk melupakanMu
    Mengganti kaji ayatMu
    dengan dosa kesenangan sementara

    Ku memohon kepadaMu
    Jangan ambil penglihatanku
    Hitam, kelam, hanya gelap yang akan bertandang
    Untuk yang kesekian kali
    Berikan kesempatan lagi
    Masih ingin aku melihat kebesaranMu
    Alloh….jangan ambil penglihatanku

    Ketika mata meandang dunia mulai memudar, hitam menuju kelam. Siapkah kita menerima semua, karena gelap keabadian akan menyapa?. Apakah kita akan mempersembahkan yang terbaik ? Karena sebentar lagi cahaya tak akan bicara. Hanya kenangan tentang merah, kuning, biru yang tersisa. Dan semuanya telah terlupa………….

  21. Amin, terima kasih….. Alhamdulillah saya sehat2 aja….. mudah2an Rozy jg sehat wal’afiat. Terima kasih juga utk artikel yg bagus utk bahan perenungan kita semua.

    Alhamdulillah saya sehat. Alhamdulillah, sama2..Insya Allah..amin

  22. lam kenal…..
    mata itu kan jg dr hati…. kalo hatinya terjaga..pasti matanya jg slalu berhati2

    Salam kenal kembali. Terima kasih atas komen dan kunjungannya 🙂

  23. salam kenal…
    ya kadang memang kita lalai menjaga mata, hati dan fikiran qt..
    nice blog..

    Salam kenal kembali. Alhamdulillah & terima kasih atas kunjungan dan komentarnya 🙂

  24. Assalamu’alaikum wr wb. ^_^

    gimana kabarnya pak?? hehe…saya dah lama ga berkutik di dunia perblog-an, soalnya sekarang ini sedang sibuk dengan belajar ujian tengah semester. Habis mudik, langsung ujian :).
    ” Menjaga Pandangan mata ”
    wah…itu dia pak yang harus benar – benar di jaga. Saya kadang bingung, bagaimana kalau sedang kuliah berhadapan dengan dosen(yang lain jenis)? .terus, apa yang sebaiknya dilakukan?
    jazakalloh khoir ya….

    Wassalamu’alaikum wr wb. 🙂

    ‘alaikumussalam wr wb Mbak Atik. Alhamdulillah saya sehat. Karena sikon Mbak atik sedang menuntut ilmu, Ketika kuliah berhadapan dgn Dosen berlainan jenis, maka di jaga saja niat awalnya dan fokus pada materi yg diterangkan oleh sang Dosen. Itu menurut saya. Kalo mau jawaban lengkapnya, silakan ditanyakan ke ahli Fiqh 🙂 .Demikian

  25. Assalamu ‘alaikum wr wb.
    Saudaraku yang terkasih.. Ghuldul Bashor (menundukkan pandangan) adalah perintah untuk menghidari dari pandangan yang negatif.

    Wa’alaikumussalam wr wb, Maaf mas Sobirin, saya edit komentnya atas pertimbangan kenyamanan bahasa dan tutur. Semoga bisa berbesar hati dan maklum 🙂

  26. terkadang dengan sadar selalu ingat hal tersebut
    apa daya, terkadang sebagai manusia biasa lalai akan itu

    singgah disini bisa membangkitkan lagi semangat menjaga dari yg dilarang oleh Alloh Swt

  27. akhirnya ada satu lagi blog pencerahan. lam kenal!

    Salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung 🙂

  28. Ass.ww antum bisa singgah juga di blog ana yang satu ini, mari kita pererat ukhuwah serta menjaga silaturahmi dalam iman dan islam

    ‘Alaikumussalam wr wb,
    Insya Allah. Semoga ukhuwah ini berbuah saling menasihati satu sama lain tentang sesuatu yg baik lagi benar..Insya Allah..amin 🙂

  29. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, salam kenal juga…yuk jalin silaturahmi

    Alhamdulillah & terima kasih atas kunjungan balasannya. Insya Allah. Semoga di Ridhoi Allah SWT 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s