Sejenak Dalam Tafakkur

steps1.jpgSaudaraku,

Sudahkah kita sejenak berfikir dan merenung, bahwa begitu besar rasa ketergantungan kita terhadap apa yang tersedia di alam ini? Ketika kita hendak bernafas, yang kita butuhkan adalah asupan oksigen yang cukup untuk memenuhi paru-paru. Ketika kita hendak melihat dengan jelas, yang kita butuhkan adalah cahaya yang cukupย untuk dapat menerangi objek yang ingin kita lihat. Ketika kita hendak berjalan, kita butuh landasan untuk berpijak dan melangkah, dimana daratan bersedia membentangkan punggungnya untuk kita pijak dan kita pun bukan berjalan di awang-awang. Sungguh, semua yang kita butuhkan itu bukanlah muncul dengan sendirinya, melainkan Allah SWT- lah yang telah mengadakannya dan menundukkannya untuk kita, para makhluk-Nya.

Allah SWT sudah bentangkan malam untuk kita beristirahat dan siang sebagai sarana bagi kita untuk mengais karunia-Nya, untuk menjemput rezeki yang sudah ditetapkan-Nya. Allah tundukkan lautan, sehingga kapal-kapal besar dapat berlayar mengarungi samudera-Nya. Allah hiasi kedalamannya dengan segala keindahan luar biasa, yang membuat banyak mata terbelalak dan hati berdecak kagum, hingga sesungguhnya bibir-bibir dan hati kecil manusia tak akan mampu berbohong dan tak kuasa berucap selain pujian akan ke Maha Besaran-Nya atas keindahan segala ciptaan-Nya.

Saudaraku,

Sekiranya kita menyadari segala kebesaran Allah itu, maka sudah tentu kita akan merasa kecil dan malu. Sekiranya kita senantiasa yakin dan menyadari dalam banyak waktu, bahwa diri kita adalah hamba dan Allah SWT adalah dzat yang wajib kita sembah, maka pasti kita tidak akan mau untuk berpaling dari-Nya. Sekiranya diri kita hanya berharap rahmat dan keridhoan-Nya, maka tak akan banyak hati yang akan terluka saat dihina dan dicerca serta lari dari menuju selain kepada-Nya.

Sekiranya kita menyadari, bahwa sesungguhnya Allah senantiasa melihat kita, mendengar perkataan dan bisikan hati kita, maka sudah tentu kita akan merasa gentar juga takut sekiranya setiap perbuatan buruk kita segera ditampilkan-Nya di hadapan makhluk-makhluk-Nya. Begitu kasihnya Allah SWT, sebesar apapun kejelekan diri kita, namun Dia masih bersedia menutupinya hingga kini.

Saudaraku,

Tidakkah kita rindu untuk menggapai ridho Allah semata? Dalam setiap pekerjaan yang kita buat, dalam setiap perkataan yang kita ucap, dalam setiap denyutan jantung dan dalam setiap tarikan nafas kita? Tidakkah kita rindu untuk senantiasa berupaya meneladani Rasul-Nya, sebagai bagian dari pengakuan rasa cinta kita, dimana ucapan beliau jauh dari ghibah, dari kata-kata dusta dan menghina, juga merendahkan orang lain? Tidakkah kita rindu untuk senantiasa mendapat hidayah dan petunjuk dari-Nya, di setiap jejak langkah hidup kita? Sehingga semua terarahkan dengan baik dan bermanfaat juga bermakna, bagi diri danย lingkungan, dunia dan akhirat.

Saudaraku,

Mari bersama kita luruskan niat, kita perbaiki ikhtiar dan usaha, juga tak pernah lepas bermohon dan berserah diri kepada Allah SWT agar semua hal yang kita rajut dan anyam di atas permukaan bumi ini dilakukan semata-mata karena-Nya dan untuk mencari keridhoan-Nya.

Creative Commons License
Sebuah Perenungan by Posts is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 Unported License.
Based on a work at zidaburika.wordpress.com.
Iklan

20 thoughts on “Sejenak Dalam Tafakkur

  1. Assalammu’alaikum .Wr,Wb,,,,,Amin Allahuma Amin Ya Allah…..SMoga kita semua terus & sterusnya menaruh & mnegucap Asma Allah Dan keagungan nya ,di setiap langkah & nafas kita,,,,,

  2. Assalamu’alaikum…..
    Subhanallah….trimakasih akhi atas tulisanx….mudh2n bisa mnmbah bahan perenungan bagi kita sesama muslim…numpang ngopy k blog saya y admin,,,he
    Salam satu saudara dari kal-sel…

  3. ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ู…ูุตูŽุฑู‘ูููŽ ุงู„ู’ู‚ูู„ููˆุจู ุตูŽุฑู‘ููู’ ู‚ูู„ููˆุจูŽู†ูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุทูŽุงุนูŽุชููƒูŽ

    โ€œWahai Dzat yang memalingkan hati, palingkanlah hati kami kepada ketaatan kepada-Mu.โ€

    Terima kasih atas tafakkur yang menyentuh ini…

  4. ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ู…ูุตูŽุฑู‘ูููŽ ุงู„ู’ู‚ูู„ููˆุจู ุตูŽุฑู‘ููู’ ู‚ูู„ููˆุจูŽู†ูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุทูŽุงุนูŽุชููƒูŽ

    โ€œWahai Dzat yang memalingkan hati, palingkanlah hati kami kepada ketaatan kepada-Mu.โ€

    Tafakkur yang menyentuh…Terima kasih akhi…

  5. aku minta perlindungan Allah Azza Wajallah…..
    karena Allah Azza Wajallah tiap detik ingat sama aku
    Allah Azza Wajallah beri aku nafas
    Allah Azza Wajallah beri aku ucapan
    Allah Azza Wajallah beri aku dengar
    Allah Azza Wajallah beri aku langkah
    Allah Azza Wajallah beri aku lihat
    Allah Azza Wajallah beri aku hidup
    tapi aku makhluk yang merugi
    karena aku gak bisa tiap detik untuk mengingat
    Allah Azza Wajallah…
    Allah Azza Wajallah memenuhi semua hidupku
    tapi kadang aku sujud 5 waktu seperti macan (belang-belang)
    aku malu untuk masuk sorga Allah Azza Wajallah
    tapi aku tidak sanggup untuk masuk neraka jahim..
    ‘Audzubillah Himinash Shaytonirrojim…..

  6. Assalamu’alaikum…jazakumullah tulisannya sangat bermanfaat, mari bertafakur.

    Wa’alaikumussalam Mbak Cici,
    Amin Allahumma amin…Alhamdulillah. Terima kasih atas kunjungannya ๐Ÿ™‚

  7. Assalamu’alaikum
    salam kenal…
    Saya udh lama tdk tafakkur,
    semoga ini bisa jd bhn perenungan saya…

    Wa’alaikumussalam,
    Salam kenal kembali..Iya, mari kita sama2 mentafakkuri segala ciptaan Allah yg ada di alam ini. Insya Allah disana ada obat buat jiwa kita..Terima kasih atas kunjungannya ๐Ÿ™‚

  8. Assalamu’alaikum Fakhru…

    Sungguh posting antum menggambarkan bahwa antum sering jadi taqrir :))

    Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah S.A.W. bersabda: โ€œPerbaharuilah iman kalian!โ€ Beliau ditanya, โ€œWahai Rosulullah, bagaimana kami memperbaharui iman kami?โ€ Beliau bersabda: โ€œperbanyaklah oleh kalian ucapan laa ilaaha illallahโ€. (H.R. Ahmad dan Thabrani, sedang isnad Ahmad adalah hasan โ€“ At-targhib II/415)

    Wa’alaikumussalam mas Agus,
    Saya hanya bisa berdo’a layaknya imam Ali bin Abi Thalib kw berdo’a dengan apa yg mas gambarkan…sesungguhnya saya hanya pribadi yg merindukan apa2 yg saya tulis ๐Ÿ™‚ .Terima kasih Mas Agus sudah berbagi ilmu disini.. ๐Ÿ™‚

  9. Assalamalaikum Alkh Fakrul,

    Salam perjuangan daripada saya di Malaysia. Jika tak keberatan boleh tak bagi kepada saya id yahoo mesengger. Boleh kita berbincang dan berbual-bual. E-mail saya : al_amin1982@yahoo.com.

    Wa’alaikumussalam akh Amin ๐Ÿ™‚ ,
    Salam perjuangan kembali dari saya. Insya Allah saya add ID yahoo antum. mohon di nanti ya…

  10. Assalaamu ‘alaikum Kyai Fachru…
    Menyentuh sekali… Di antara yang sering kita lalaikan adalah tafakkur. memikirkan ciptaan-ciptaan Allah SWT. Padahal, tafakkur adalah jurus jitu untuk taqarrub kepada-Nya. Dengan tafakkur, kita akan semakin meyakini dan merasakan kebesaran Allah, sebaliknya akan semakin terasa tidak ada artinya kita sebagai makhluk. Kecil, bahkan teramat kecil.

    Tafakkaruu fii kholqillah, walaa tatafakkaruu dii dzaatillah.

    Wa’alaikumussalam Kyai Ram ๐Ÿ™‚ [Pliss..jangan panggil saya kyai :mrgreen: ],
    Benar saudaraku. Merenungi segala ciptaan Allah SWT itu begitu mengasyikkan. Banyak rasa yang akan memenuhi hati sesudahnya. Ada rindu, haru, sedih, takut, harap dan banyak rasa yg tak mampu terucap lewat kata. Memang, jika kita ingin mengetahui Allah SWT, maka banyak-banyaklah berfikir dan merenung ttg ciptaan-Nya dan bukan dzat-Nya…

    Wallahu a’lam

  11. hanya ada satu doa ” ya Allah,jadikan hambaMU ini termasuk golongan orang yang bersyuku,Amin”

    nice contemplation…
    eRween menundukkan kepala…

  12. Ya Allah, jangan biarkan hamba-Mu yang dhaif ini berpaling dari kuasa-Mu sebagaimana yang pernah disitir lewat sajak Chairil Anwar: “Di pintu-Mu aku mengetuk, aku tak bisa berpaling”.
    Refleksi yang mencerahkan mas rozy. makasih, yak!

    Amin Allahumma amin…Sungguh! Kita hanyalah hamba dan Dia adalah Allah Yang Maha Kariim, Rahman dan Rahiim…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s