Tersenyumlah Untuk Hidup!

sunrise1.jpgMeski setebal apapun mendung melintasi langit, namun sinar mentari tak pernah kehilangan cirinya. Ia senantiasa menghadirkan sinarnya untuk dibagi. Ia senantiasa tegar tanpa kehilangan jati dirinya sebagai sumber penerang di hari ini. Ia tak pernah menunda bersinar hingga esok, meskipun ia dapati mendung menghalangi keindahan sinarnya. Setiap tumbuhan kembali terjaga dari tidurnya. Kembang-kembang kembali bermekaran ceria menyambut harinya. Burung-burung terbang dan berkicau dengan merdunya. Semua hadir tanpa rasa sedih, gelisah, dan amarah. Semua ceria untuk menjelang setiap detik anugerah-Nya.

Saudaraku,

Sudahkah kita berniat bahwa hari ini akan kita hiasi dengan senyum ceria dan kebahagiaan? Sudahkah kita bertekad untuk menyongsong hari ini dengan rasa optimis dan semangat hidup yang akan kita bagi dan tularkan? Dan sudahkah kita menjadikan berbaik sangka sebagai modal bagi kita untuk meneruskan perjalanan ini?

Saudaraku,

Begitu sia-sia rasanya perjalanan hidup jika setiap detiknya tidak pernah kita hargai dan syukuri. Begitu menyiksanya perjalanan hidup jika setiap ujian yang menerpanya kita hadapi dengan kemarahan dan wajah yang muram. Dan begitu berat rasanya langkah hidup jika kita tak mau berbagi sedikitpun. Kesedihan tidak akan mengembalikan segala yang hilang menjadi kembali. Tangisan penyesalan akan terasa hampa tanpa kesungguhan usaha untuk bangkit dari kelalaian diri. Setiap nasehat hanya akan menjadi penghias belaka jika sedikitpun tak diniatkan untuk dilakoni. Semua usaha akan terasa sia-sia jika sedikitpun tak berserah diri kepada-Nya.

Tersenyumlah atas anugerah hidup hari ini. Bersyukur dan berbaik sangkalah bahwa Dia masih memberikan kesempatan bagi kita untuk kembali. Sebut setiap asma-Nya dengan penuh kerendahan hati. Besarkan Dia dalam setiap aktifitas dan detik perjalanan ini. Jangan engkau halangi senyuman itu jika akan tersungging di ujung bibirmu hanya karena kegundahan yang tak jelas asal usulnya. Jangan engkau gantikan keceriaan diri dengan kesuraman hati yang engkau tampakkan lewat wajah yang bermuram durja.

Saudaraku,

Berbagilah hari ini. Berbagilah untuk setiap kebahagiaan yang engkau rasakan di hati. Tak perlu kau ukur dengan besar atau kecilnya nilai berbagi itu. Berbagilah walau sekedar berwajah ceria dan sepatah kata sapa dan salam. Tetaplah berbagi dan tersenyum dalam rangka mensyukuri segala anugerah-Nya hari ini. Tetaplah berbagi dan tersenyumย layaknya mentari yang tak menundaย hadirnya meski mendung menyelimuti indah sinarnya hari ini.

Creative Commons License
Sebuah Perenungan by Posts is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 Unported License.
Based on a work at zidaburika.wordpress.com.
Iklan

20 thoughts on “Tersenyumlah Untuk Hidup!

  1. aku tetp tersenyum mskipn hati terluka, meskipn aku dalm masalah tersulit…ttap aku tersenyum krana…bila aku mmri snyuman aku akn dapat snyuman dari org len…itu sudah cukup mmbuat hti yg gndah kmbali terubat…itulah kuasa snyuman…biarkan hari2 pnuh dgn snyuman n kebahagiaan…

  2. Optimis adalah ciri insan sukses , menghadapi hidup dengan ketenangan dengan sumber ketenangan abadi.
    perlu keyakinan menumbuhkan jiwa pantang menyerah,

    inilah romantika hidup senyum maupun tangis namun menghadapi hidup dengan tersenyum itulah agar senantiasa dinamis, namun perlu kita menangis untuk melemaskan jiwa yang keras

  3. Tersenyumlah untuk hidup
    Tersenyumlah untuk hidup sesudah mati
    Tersenyumlah untuk kehidupan yang hakiki

    Salut dah!

    Semoga kita dianugerahkan akhir hidup yg baik, husnul khotimah sehingga kelak bisa tersenyum dan insya Allah kubur-kubur kita menjadi bagian awal dari taman-taman syurga yg kelak jadi bagian kita..amin Allahumma amin..

  4. subhanallah….
    artikelnya bgs bgt

    bsa jdi muhasabah tuk hari ini

    semoga hati-hati kita selalu lembut
    dan menangis tobat menyesali dosa-dosa
    karena air mata tobat sgt Allah sukai

  5. Tersenyum layaknya Mentari ….. selalu tulus dan tak pernah berharap akan pamrih .

    hu’u, betul sekali …. selalu belajar untuk itu

    keep smiling !!!! ๐Ÿ™‚

  6. Tersenyum, berwajah ceria dan berbaik hati dengan sesama ciptaan Allah adalah hiasan dan ciri seorang mukmin. setiap kita harus memilikinya di setiap waktu dan keadaan.

    Terimakasih Saudaraku atas taushiyahnya. semoga Allah menjadikan kita bagian dari hamba-hambaNya yang selalu bertemu, berpisah, berbicara dan diam karenaNya. salam silaturrahim untuk keluarga.

    Alhamdulillah Saudaraku,
    Semoga Allah SWT mengabulkan setiap permohonan dan rintihan hati kecil kita serta menjadikan setiap jalinan silaturrahim sebagai jalan untuk sama-sama lebih mendekat dan menuju keridhoan-Nya semata…Mohon do’akan saya ๐Ÿ™‚

  7. Maka aku pun tersenyum
    Tapi…
    Kenapa tangisan ini tak bisa terganti?
    tangisan duka
    tangisan nestapa
    tangisan bahagia
    tangisan gembira
    Tidak!
    Sekali kali tidak
    Aku menangis karena tidak bisa tersenyum
    Dan aku akan tersenyum jika Dia pun tersenyum

  8. Lha… laha… ane nebar senyum sekalian nebar pesona Bang Fakhru, soal-na di kosan ane, 90 persen perempuan semua. Yang laki cuma betiga, termasup ane… :mrgreen:

    Iya. Smoga senyumnya seperti Rasulullah yg mengobati kegundahan banyak hati dan orang jadi makin ingat, cinta dan ingin dekat Ilahi ๐Ÿ˜‰

  9. Ane mulain ini hari dengan baca basmallah, lalu tebar senyum ama tetangga-tetangga kost. Setelah itu menebar cikal bakal pahala ama para tetangga, soalnya ane paling demen minta gula, kopi, aer ama gelasnya sekalian. :mrgreen:

    Ane demen ama tulisan perenungan kayak begini, salam dari ane Ustadz.

    Alhamdulillah…Ternyata antum sudah gemar “menabung” ya :mrgreen: .Smoga istiqomah dan saya bisa ketularan akhirnya ๐Ÿ˜€
    Terima kasih atas kunjungannya, smoga berkenan memanggil saya dg Fakhru saja tanpa embel Ustadz ๐Ÿ™‚

  10. Alhamdulillah, hari ini senyum pertama saya hadiahkan untuk kakak saya (dirumah cuma berdua soale) hehe.

    Mari memulai hari ini dengan senyuman yg tulus sambil menyebarkan bibit2 kebaikan. ๐Ÿ˜€

    (Alhamdulillah kabar saya sehat, akh. Afwan baru balas silaturahim sekarang. Semoga akh Fakhru dan keluarga dalam keadaan sehat dalam dalam lindungan-Nya. Amin)

    Alhamdulillah, saya sekeluarga sehat ๐Ÿ™‚ …insya Allah..amin. Terima kasih atas do’a juga silaturrahimnya. Semoga sehat selalu dan tersampaikan semua hajat baiknya ๐Ÿ™‚

  11. Karena bacaan agak serius, saya bacanya dengan dahi berkerut… Sampai pada kalimat ini:
    “Begitu menyiksanya perjalanan hidup jika setiap ujian yang menerpanya kita hadapi dengan kemarahan dan wajah yang muram”
    Dahi langsung saya kendorkan dan mencoba untuk tersenyum
    Syukron sudah mengingatkan….

  12. Senyum di hati bukan cerminan hati..
    Terkadang senyum tercoret luka,
    Senyum yang itu untuk ceria sekeliling diri
    biar hati remuk asal sahabat terus bahgia.

    Kita sama saudara,
    satu rumpun satu benua,
    negara kita berbeda,
    tapi tanah itu milik kita semua.
    Salam ukhwah oleh SangPelangi,
    dari balik puncak Fuji.

    Alhamdulillah…Saya hanya bisa tersenyum dengan gubahan kata-katanya ๐Ÿ™‚ . Walaupun kita berbeda, tujuannya tak lain agar saling kenal mengenal satu sama lain. Alhamdulillah dan terima kasih atas kunjungannya. Salam ukhuwah kembali ๐Ÿ™‚

  13. SENYUM…hal kecil tapi mempunyai dampak yang sangat besar dikehidupan manusia di dunia, mari kita mulai tersenyum maniez dalam menapaki episode kehidupan agar tercipta kedamaian dan kebahagiaan. Terima kasih Kak Fakhru doanya, salam tuk keluarga tercinta. Sukses slalu.

    Alhamdulillah…dan memang senyum tidak mengeluarkan biaya banyak dan menguras energi kan? Salam kembali untuk keluarga Mbak Frida tercinta dan sukses selalu ๐Ÿ™‚

  14. Ass..amin.amin.amin. Abadi sampai di Surga. “Ya Allah..kukuhkanlah kami di “jalan panjang” ini, kumpulkanlah kami di Surga-MU kelak agar kami bisa berbahagia bersama-sama, dan saling mengucapkan “SALAM SEJAHTERA”

    Amin Allahumma amiin…

  15. Tersenyumlah untuk dunia
    tersenyumlah untuk orang yang kau cintai
    tersenyumlah untuk semua
    karena Senyum itu ibadah ๐Ÿ˜‰
    senyum itu juga bikin awet muda ๐Ÿ˜†

  16. Ass….neh sy nyapa dan tersenyum ๐Ÿ™‚ salam persahabatan selalu.

    Wa’alaikumussalam…
    Semoga senyumnya abadi, tak terhalang meski mendung melintasi hati ๐Ÿ˜‰ . Salam ukhuwah ๐Ÿ™‚

  17. Yup, senyuman bisa memberikan arti yang bermakna bagi orang lain. bahkan, hanya dengan senyuman kita bisa mengekspresikan ribuan perasaan yang tidak bisa kita kemukakan dengan rangkaian kata-kata. alangkah bahagianya hidup ini apablia setiap ketemua dengan sahabat2 kita selaing bertegur sapa dengan memberikan sebuah senyuman. terima kasih mas rozi, sudah ikut mengingatkan saya betapa pentingnya senyuman untuk untuk membangun tali silaturahmi.

  18. Layaknya mentari yg menebar sinarnya kepada siapapun, tak terkecuali..

    Subhanallah, fikriyah dan ma’nawiyah serasa baru disodorkan sesuap makanan bergizi euy.. ๐Ÿ™‚

    Syukron

    Alhamdulillah dan terima kasih atas kunjungannya. Semoga bisa sama-sama mengambil dan memberi manfaat ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s